Melatih Logika Seorang Programmer Melalui Project Euler

Apa itu Project Euler ?

Proyek Euler (dinamai dari Leonhard Euler) merupakan situs web yang didedikasikan untuk menyediakan serangkaian masalah komputasi untuk dipecahkan dengan program komputer. Proyek ini menarik minat orang tua dan mahasiswa yang tertarik dalam bidang matematika dan pemrograman komputer. Sejak tahun 2001 dan sejak dibuat oleh Colin Hughes, Proyek Euler telah populer dan dikenal secara global.[2] Proyek ini memiliki hingga 500 masalah untuk dipecahkan,[3] yang dapat ditambahkan setiap minggu (kecuali selama musim panas). Tingkat kesulitan setiap masalah dapat berbeda-beda, namun dapat dipecahkan kurang dari satu menit jika menggunakan algoritme yang efisien pada komputer yang cepat. Masalah-masalah di sana dapat diurutkan menurut tingkat kesulitannya.

Proyek Euler telah memiliki 599.000 pengguna dari seluruh dunia (yang pernah menyelesaikan sedikitnya satu masalah).

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Proyek_Euler

Apa manfaat Project Euler bagi Programmer?

Dengan Project Euler, seorang programmer dapat melatih logika atau kemampuannya dalam memecahkan masalah. Project Euler menyajikan soal matematis, komputasi, logika, dan algoritma. Soal tersebut nantinya akan dipecahkan melalui program yang dibuat oleh programmer. Soal-soal tersebut juga disusun secara sistematis dari yang termudah hingga tersulit.

Bagaimana cara menggunakan Project Euler?

Untuk memulai Project Euler, kalian harus membuat akun terlebih dahulu (disini). Setelah membuat akun, kalian dapat mulai memecahkan soal yang ada pada Project Euler. Usahakan untuk memecahkan soal secara berurutan. Kalian dapat menggunakan Google Translate untuk mengartikan soal tersebut.

Selamat mencoba 🙂

 

Diterbitkan oleh

Freddy Yohanes

Saya sangat tertarik di bidang IT baik itu Hardware, Software, dan Network.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *